-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Timur
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pramuka SMA 1 Bungku Pesisir Laksanakan Penerimaan Tamu Ambalan

    Sabtu, 10 Agustus 2024, Agustus 10, 2024 WITA Last Updated 2024-08-11T07:08:21Z


    Morowali | Media Timur | Pramuka Penegak pangkalan Habibi-Ainun SMA Negeri 1 Bungku Pesisir melaksanakan penerimaan Tamu Ambalan di Bumi Perkemahan SMA 1 Bungku Pesisir, desa Lafeu Kecamatan Bungku Pesisir Kabupaten Morowali.

    Upacara pembukaan yang digelar hari ini, Ahad (11/08/2024) dibuka secara langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Bungku Pesisir yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (KA. Mabigus) Pangkalan Habibi-Ainun, Hendrik Januddin, S.Pd.

    Dihadapan peserta upacara yang merupakan tingkatan Pramuka Penggalang yang beralih status menuju Pramuka Penegak, KA.Mabigus dalam arahannya menyampaikan, bahwa, Kepramukaan merupakan wadah kegiatan ekstrakurikuler, baik itu wajib, ataupun tidak dalam kurikulum merdeka.

    Meski tak menjadi lagi pembelajaran yang wajib seperti dalam kurikulum 13 (K13), namun kepramukaan sangat berkaitan disetiap pelajaran dalam kurikulum merdeka saat ini.

    "Kegiatan pramuka itu mencakup semua mata pelajaran, misalnya, pelajaran IPA kita berada di alam sekitar ini, jadi semua mata pelajaran salin berkaitan di kegiatan Pramuka itu. Pramuka itu, jika di kurikulum merdeka itu kita diberi kelonggaran, jadi sekolah itu mau mewajibkan ya atau tidak, kalau kurikulum K13 dulu wajib yang menjadi syarat untuk kenaikan kelas", ungkapnya.

    Lanjut Ka Mabigus Pangkalan Habibi-Ainun tersebut menyampaikan, jika kepramukaan itu mampu menciptakan kemampuan seseorang anggota Pramuka dalam melatih mental, ketangkasan dan kreatifitasnya.

    "Pramuka itu bukan kegiatan hura-hura, kegiatan Pramuka diatur dengan baik, ditata dengan baik untuk menghasilkan yang baik. Seperti contoh, mendirikan tenda, disini kita belajar mendirikan dan mengikat tenda jadi ada kreatifitas disitu, itu yang menjadi kemampuan kita.

    Kemampuan lain yang diungkapkan Hendrik Januddin S.Pd, bahwa, keberadaan seorang anggota Pramuka dimanapun berada mampu menyesuaikan diri dengan alam sekitar.

    "Misalnya, kita berada di hutan, disini dilihat kemampuan kita beradaptasi, dan semua itu tentu diajarkan, jadi dengan kemampuan ilmu kepramukaan menjadikan kita memiliki jiwa kreatifitas, memanfaatkan potensi alam yang digunakan, disitu dilihat kemampuan atau skil kita", pungkas Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Pangkalan Habibi-Ainun.

    Dalam upacara pembukaan penerimaan Tamu Ambalan tersebut, jajaran dewan guru atau dalam istilah kepramukaan kakak Bina Damping turut hadir dalam upacara pembukaan tersebut.

    Tak lepas dari upacara tersebut, juga dibacakan Pancasila, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai hari ini 11 Agustus 2024 hingga 14 Agustus 2024. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    Ragam

    +